Corrugated Box e-Flute Minim Order 300 pcs

Klise / Matras Hotprint atau Foil

 

Hot print adalah metode cetak yang menggunakan foil warna yang ditransferkan pada media yang diinginkan melalui suhu tinggi. Dengan hot print, hasil cetakan akan terlihat berbeda karena biasanya memberikan kesan tonjolan yang estetik, baik itu ke dalam atau ke luar.

Salah satu material utama dalam hot print manual adalah dies. Dies atau yang juga dikenal plat adalah sebuah cetakan yang dibuat dari material tertentu yang nantinya akan digunakan dalam mesin press untuk menekan bahan foil pada media yang diinginkan.

Dies Magnesium

Magnesium adalah material terbaik yang bisa digunakan untuk hampir semua teknik percetakan, terutama pada teknik hot print, emboss, deboss, bahkan cetak relief. Bahan ini menawarkan media yang mampu mentransfer suhu panas dengan baik, menonjolkan detail desain yang ada serta harga material yang terjangkau

Dies Cooper/ tembaga

Penggunaan dies tembaga sebenarnya sudah mulai ditinggalkan setelah adanya perkembangan pada pembuatan dies dari bahan magnesium dan logam lainnya. Namun, ada beberapa pekerjaan yang butuh untuk dilakukan dalam jangka waktu yang lama atau membutuhkan copper sebagai bahan tambahannya.

Meskipun harga material copper lebih mahal dibanding magnesium, hasil akhir yang ditawarkan juga jelas mempunyai kualitas yang sangat bagus. Material ini butuh waktu yang lama untuk mengalami etsa dan lebih berat dibanding magnesium.

Itu tadi adalah beberap bahan yang paling sering digunakan untuk bahan pembuatan klise hotprint

Komentar