Pengembangan Produk Packaging: Meningkatkan Nilai dan Keberlanjutan

Apa itu Hardbox?

Enggagement hampers box

Apa itu hardbox?
Ada beberapa orang menyebutnya dengan Rigid box, atau ada juga yang hanya menyebutnya kotak kado.
Greyboard paper 

Okay, bagi kami, entah itu hardbox, rigidbox, kotak kado, paperbox atau mungkin ada istilah lainnya, hardbox adalah salah satu bentuk pengemasan baik untuk produk ataupun souvenir yang terbuat dari bahan olahan kertas baik (rata-rata) daur-ulang (sampah kertas) yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk lembaran dengan ketebalan tertentu. Jenis bahan kertas ini memiliki karakter yang keras, kaku, dan tebal.

Sebagai bahan dasar dalam pembuatan hardbox, di indonesia sendiri ada beberapa jenis paperboard yang beredar, ada :
  • Kappaboard, 
  • jenis ini merupakan salah satu yang termahal dari pada jenis lainnya, kebanyakan produk import. Memiliki ketebalan bervariasi, rata-rata yang dijual mulai 2 - 4 mm. Ukuran plano utuh 73 × 104 cm, warna abu-abu muda. Kertas jenis ini paling halus, tebal, bebas bau dan tidak mudah nekuk walau diproses hotprint/stamp foil sekalipun. Dan kertas ini mengantongi sertifikasi FSC® PAFC Sertifikasi , EN71-3 Safety for Kids & Games Hydro Processing & Diproduksi Tanpa Zat Kimia Safe for Food , Kids, Games.

  •  Greyboard, 
  • Jenis kertas ini banyak diproduksi didalam negeri. Sesuai namanya, kertas jenis ini berwarna abu-abu gelap, yang beredar di pasaran rata-rata memiliki ketebalan antara 1 - 4 mm atau greyboard kode nomer 40 - 25, setiap nomer mewakili ketebalannya, semakin kecil nomornya semakin tebal pula kertasnya. Ukuran plano utuh adalah 66 x 77, bahan tebal, kaku, halus, walaupun tidak sehalus kappaboard, solid dan bebas bau.

  • Yellowboard
  •  Sama seperti Greyboard namun memiliki karakter yang sedikit berbeda, jenis ini cenderung lebih empuk atau tidak sekeras greyboard dan cenderung mudah bergelombang jika ditempat yang lembab. Selain memiliki warna yang kuning kotor, ukuran plano utuhnya juga lebih kecil yaitu, 65 x 75 cm, dan paperboard ini juga tidak berbau.

  • Gemboss, 
  • ada 2 jenis ini satu gembos murni dan gembos laminasi, atau dilapisi dengan kertas kraft liner, atau karton kuning pada kedua sisinya. Bahan baku jenis ini dari limbah sampah kertas paling bawah, sehingga kadang ada unsur sampah plastik dan campuran sampah lainnya di dalamnya. Gembos memiliki permukaan yang lebih kasar, tidak rata jika di raba, ketebalan yang tidak konsisten, kaku dan cenderung ber-bau menyengat. Kertasboard ini paling murah diantara yang lainnya.

  • (Jika ada yang kurang mohon dikoreksi ya kakk...heheh)

Hingga saat ini kami menggunakan jenis bahan greyboard sebagai bahan dasar dalam membuat hardbox /hampers boxes untuk mendaparkan hasil yang premium, rapi dan kuat.

Komentar